Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Siswa menurut Para Ahli

 

Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Siswa menurut Para Ahli

Apakah saja Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar?  Berikut ini penjelasan tentang Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Siswa menurut para ahli. Menurut Munadi (Rusman, 2012:124), faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar antara  lain meliputi faktor internal dan faktor eksternal.

1.  Faktor Internal

a)    Faktor Fisiologis. Secara umum kondisi fisiologis, seperti kesehatan yang prima, tidak dalam keadaan lelah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani dan sebagainya. Hal tersebut dapat memengaruhi peserta didik dalam menerima materi pelajaran. 

b)    Faktor Psikologis. Setiap indivudu dalam hal ini peserta didik pada dasarnya memiliki kondisi psikologis yang berbeda-beda, tentunya hal ini turut memengaruhi hasil belajarnya. Beberapa faktor psikologis meliputi intelegensi (IQ), perhatian, minat, bakat, motif, motivasi, kognitif dan daya nalar peserta didik.

2.  Faktor Eksternal

a)    Faktor Lingkungan. Faktor lingkungan dapat memengaruhi hasil belajar. Faktor lingkungan ini meliputi lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan alam misalnya suhu, kelembaban dan lain-lain. Belajar pada tengah hari di ruangan yang kurang akan sirkulasi udara akan sangat berpengaruh dan akan sangat berbeda pada pembelajaran pada pagi hari yang kondisinya masih segar dan dengan ruangan yang cukup untuk bernafas lega.

a)    Faktor Instrumental. Faktor-faktor instrumental adalah faktor yang keberadaan dan penggunaannya dirancang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan. Faktor-faktor ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana untuk tercapainya tujuan-tujuan belajar yang direncanakan. Faktor-faktor instrumental ini berupa kurikulum, sarana, dan guru.

Menurut Syah (2005: 144)  faktor-faktor yang memengaruhi hasil siswa terdiri dari dua faktor yaitu faktor yang datangnya dari individu siswa (internal factor), dan faktor yang datang dari luar diri individu siswa (eksternal factor). Keduanya dapat dijelaskan sebagai berikut.

1).  Faktor internal anak, meliputi.

a)    Faktor psikis (jasmani). Kondisi umum jasmani yang menandai dapat memengaruhi semangat dan intensitas anak dalam mengikuti pelajaran.

b)    Faktor psikologis (kejiwaan). Faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapat memengaruhi kualitas perolehan hasil belajar siswa antara lain : (1) Intelegensi, (2) Sikap (3) bakat,  (4) minat, dan (5) motivasi.

2).  Faktor eksternal anak, meliputi.

a)    Faktor lingkungan sosial, seperti para guru, sifat para guru, staf adminitrasi dan teman-teman sekelas.

b)    Faktor lingkungan nonsosial, seperti sarana dan prasarana sekolah/belajar, letaknya rumah tempat tinggal keluarga, keadaan cuaca dan waktu belajar yang digunakan anak.

c)    Faktor pendekatan belajar, yaitu cara guru mengajar guru, maupun metode, model, dan media pembelajaran yang digunakan.

Sedangkan menurut  Slameto  (2010:54)  faktor-faktor  yang  memengaruhi prestasi belajar ada dua macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

a. Faktor internal, yakni faktor  yang  ada  dalam  individu  yang sedang belajar seperti:

1.  faktor jasmaniah, meliputi: faktor kesehatan dan cacat tubuh.

2.  faktor  psikologi,  meliputi:  intelegensi,  perhatian,  minat,  bakat, motivasi, kematangan, kesiapan dan kreativitas. 

3.  faktor kelelahan, meliputi: kelelahan jasmani dan rohani.

b. Faktor eksternal

1.  Keadaan keluarga.

2.  Keadaan sekolah.

3.  Keadaan masyarakat.

 

No comments