Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Siswa menurut Para Ahli
Apakah saja Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar? Berikut ini penjelasan tentang Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Siswa menurut para ahli. Menurut Munadi (Rusman, 2012:124), faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar antara lain meliputi faktor internal dan faktor eksternal.
1. Faktor Internal
a)
Faktor
Fisiologis. Secara umum kondisi fisiologis, seperti kesehatan yang prima, tidak
dalam keadaan lelah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani dan sebagainya.
Hal tersebut dapat memengaruhi peserta didik dalam menerima materi
pelajaran.
b)
Faktor
Psikologis. Setiap indivudu dalam hal ini peserta didik pada dasarnya memiliki
kondisi psikologis yang berbeda-beda, tentunya hal ini turut memengaruhi hasil
belajarnya. Beberapa faktor psikologis meliputi intelegensi (IQ), perhatian,
minat, bakat, motif, motivasi, kognitif dan daya nalar peserta didik.
2. Faktor Eksternal
a)
Faktor
Lingkungan. Faktor lingkungan dapat memengaruhi hasil belajar. Faktor lingkungan
ini meliputi lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan alam misalnya
suhu, kelembaban dan lain-lain. Belajar pada tengah hari di ruangan yang kurang
akan sirkulasi udara akan sangat berpengaruh dan akan sangat berbeda pada
pembelajaran pada pagi hari yang kondisinya masih segar dan dengan ruangan yang
cukup untuk bernafas lega.
a)
Faktor
Instrumental. Faktor-faktor instrumental adalah faktor yang keberadaan dan
penggunaannya dirancang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan.
Faktor-faktor ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana untuk tercapainya
tujuan-tujuan belajar yang direncanakan. Faktor-faktor instrumental ini berupa
kurikulum, sarana, dan guru.
Menurut
Syah (2005: 144)
faktor-faktor yang memengaruhi hasil siswa terdiri dari dua faktor yaitu faktor
yang datangnya dari individu siswa (internal
factor), dan faktor yang datang dari luar diri individu siswa (eksternal factor). Keduanya dapat
dijelaskan sebagai berikut.
1). Faktor internal anak,
meliputi.
a) Faktor
psikis (jasmani). Kondisi umum jasmani yang menandai dapat memengaruhi semangat
dan intensitas anak dalam mengikuti pelajaran.
b) Faktor
psikologis (kejiwaan). Faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapat memengaruhi
kualitas perolehan hasil belajar siswa antara lain : (1) Intelegensi, (2) Sikap (3) bakat, (4) minat, dan (5) motivasi.
2). Faktor eksternal anak,
meliputi.
a)
Faktor lingkungan sosial, seperti para guru, sifat para
guru, staf adminitrasi dan teman-teman sekelas.
b)
Faktor lingkungan nonsosial, seperti sarana dan prasarana
sekolah/belajar, letaknya rumah tempat tinggal keluarga, keadaan cuaca dan
waktu belajar yang digunakan anak.
c) Faktor
pendekatan belajar, yaitu cara guru mengajar guru, maupun metode, model, dan
media pembelajaran yang digunakan.
Sedangkan
menurut Slameto (2010:54)
faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar ada dua macam
yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
a.
Faktor internal, yakni faktor yang ada
dalam individu yang sedang belajar seperti:
1. faktor jasmaniah, meliputi: faktor kesehatan
dan cacat tubuh.
2. faktor
psikologi, meliputi: intelegensi,
perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, kesiapan dan
kreativitas.
3. faktor kelelahan, meliputi: kelelahan jasmani
dan rohani.
b.
Faktor eksternal
1. Keadaan keluarga.
2. Keadaan sekolah.
3. Keadaan masyarakat.








No comments