Apa Itu yang dimaksud Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) Dan Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning). Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari (otentik) yang bersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran konvensional yang jarang menggunakan masalah nyata atau menggunakan masalah nyata hanya di tahap akhir pembelajaran sebagai penerapan dari pengetahuan yang telah dipelajari. Pemilihan masalah nyata tersebut dilakukan atas pertimbangan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi dasar.
Berikut
adalah langkah-langkah Model Pembelajaran
Berbasis Masalah yang diadaptasi dari pendapat Arends (2012: 411).
Langkah-Langkah
Pembelajaran Berbasis Masalah
Tahap |
Deskripsi |
Tahap 1 Orientasi terhadap masalah |
Guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik. |
Tahap 2 Organisasi belajar |
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah
disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah.
Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut. |
Tahap 3 Penyelidikan
individual maupun kelompok |
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui
berbagai macam cara untuk menemukan berbagai
alternatif penyelesaian masalah. |
Tahap 4 Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah |
Guru membimbing
peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari
berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan. Peserta
didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides. |
Tahap 5 Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah |
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian
masalah yang dilakukan. |
Demikian informasi
tentang Apa Itu Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) Dan Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), yang disertai Langkah-Langkah
Pembelajaran Berbasis Masalah.
No comments